Nilai dan Jalan Kalla, Kunci Sukses Kalla Group - Didiet X-Fuera

Nilai dan Jalan Kalla, Kunci Sukses Kalla Group


Pada sebuah organisasi, instansi, atau perusahaan, pastinya selalu memiliki nilai-nilai yang wajib dijunjung tinggi oleh semua anggota yang berada di dalamnya. Kalla Group, termasuk Yayasan Hadji Kalla yang menaungi Institut Teknologi dan Bisnis Kalla juga memiliki nilai-nilai yang wajib dijalan oleh semua karyawannya.

Di Kalla Group memiliki nilai KALLA yang merupakan akronim dari Kerja ibadah, Apresiasi pelanggan, Lebih cepat, Lebih baik, dan Aktif bersama. Dari kelima nilai-nilai tersebut, dicetuskan oleh tokoh-tokoh dari para pendiri perusahaan dengan berdasarkan nilai-nilai dan filosofi hidup yang mereka alami. Harapan dibentuknya nilai-nilai tersebut agar menjadi pedoman perusahaan saat ini hingga masa yang akan datang. 

Dimulai dari nilai pertama, yaitu Kerja Ibadah. Nilai ini dicetuskan oleh founder dari Kalla Group, bapak Hadji Kalla. Bapak Hadji Kalla dikenal sebagai sosok yang religius sehingga menjadikan nilai tersebut sebagai nilai pertama dan utama. Nilai ini sesuai dengan ayat yang terdapat dalam Al-Quran yang berbunyi:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyaat: 56)

Jika berdasarkan ayat tersebut, maka harus diyakini bahwa semua aktivitas yang kita lakukan semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan nilai tersebut juga diharapkan agar semua Insan Kalla (sebutan untuk semua karyawan di Kalla Group) bisa menjaga integritas dan profesionalitas karena yakin bahwa apapun yang kita lakukan, dimanapun dan kapanpun selalu berada dalam pengawasan dari Tuhan Yang Maha Esa. 

Kemudian nilai yang kedua, yaitu Apresiasi Pelanggan. Nilai ini dicetuskan oleh Ibu Hadjah Athirah, yang juga merupakan istri dari Bapak Hadji Kalla. Nilai ini mengajarkan bahwa customer is the core of the company atau pelanggan merupakan inti dari sebuah perusahaan. Tanpa pelanggan, sebuah perusahaan tidak mampu beroperasi. Oleh karena itu, sebagai sebuah perusahaan harus melayani pelanggannya sebaik dan semaksimal mungkin.

Nilai yang ketiga, yaitu Lebih Cepat, Lebih Baik. Nilai ini dirintis oleh Bapak Jusuf Kalla saat menjabat sebagai presiden direktur Kalla Group setelah sebelumnya dipegang oleh Bapak Hadji Kalla. Esensi dari nilai ini adalah produktivitas yang efektif, efisien, inovatif, dan solutif. Semakin berkembangnya sebuah perusahaan, semakin banyak pelanggan, maka semuanya harus dituntut untuk lebih cepat bekerja, lebih produktif seiring berkembangnya zaman.

Nilai yang terakhir, yaitu Aktif Bersama. Nilai ini dicetuskan oleh ibu Fatimah Kalla, dimana mengedepankan kolaborasi dan kebersamaan dalam beraktivitas di dalam sebuah perusahaan sehingga mampu membangun hubungan yang produktif. Tapi kolaborasinya bukan hanya sesama karyawan, melainkan ke pelanggan, dan masyarakat luas.

Dari kelima nilai KALLA tersebut, semuanya saling terintegrasi. Penerapannya bukan hanya sekedar dilakukan di lingkungan Kalla Group, melainkan dalam kehidupan sehari-hari. Proses menjalankan nilai-nilai Kalla yang telah ada diimplementasikan ke dalam kehidupan, disebut sebagai Jalan Kalla atau Kalla Way.

Misalnya, ketika waktu adzan sholat fardhu, semua aktivitas dihentikan dan semuanya harus sholat sesuai dengan waktunya atau menjaga kejujuran saat bekerja, tidak melakukan manipulasi sebagai perwujudan nilai Kerja Ibadah. Contoh lain, melayani mahasiswa dan staf kantor dengan baik dalam lingkup Insitut Teknologi dan Bisnis Kalla sebagai perwujudan dari nilai Apresiasi Pelanggan. Melakukan pekerjaan sesuai SOP dan tidak menunda-nunda pekerjaan sehingga bisa selesai sebelum deadline menjadi contoh perwujudan nilai Lebih Cepat Lebih Baik. Contoh penerapan nilai Aktif Bersama, seperti mengikuti kegiatan kepanitiaan di perusahaan atau melakukan sedekah bersama ke panti asuhan setiap hari Jumat.


Get notifications from this blog