Psikotes Tidak Perlu Dipelajari! - Didiet X-Fuera

Psikotes Tidak Perlu Dipelajari!


Saya paham kenapa dosen-dosen saya dulu mengatakan bahwa tes psikologi atau psikotes tidak perlu dipelajari alias tidak ada gunanya mempelajari psikotes. Saya ingin mencurahkan sedikit keresahan saya sebagai seorang lulusan Psikologi.

Kenapa psikotes tidak perlu dipelajari? Karena jika kita mempelajari alat tes psikologi, hasilnya akan bias atau tidak menggambarkan diri kita yang sebenarnya karena tujuan psikotes adalah memang untuk mengungkapkan bagaimana diri kita sebenarnya. Jika seperti itu, psikotes akan tidak berguna lagi.

Misalnya, Mr. X melamar kerja. Terus, salah satu rangkaian seleksinya adalah psikotes. Lalu Mr. X lulus hingga akhirnya bekerja. Namun, atasan Mr. X tiba-tiba merasa bahwa kita malas-malasan bekerja dan perilaku kita sangat buruk, berbanding terbalik dengan hasil psikotes yang menunjukkan bahwa Mr. X adalah orang yang pekerja keras dan memiliki perilaku yang baik. Setelah ditelusuri, ternyata Mr. X sebelumnya telah mempelajari alat tes psikologi yang tersebar di internet.

Nah, itu adalah contoh sederhananya, dimana perusahaan sebenarnya mencari calon karyawan yang "benar-benar" mereka inginkan (pekerja keras dan memiliki perilaku yang baik), sesuai dengan kriteria yang diinginkan karyawan.

Kekeliruan yang memang menjadi kebiasaan saat kebanyakan orang saat ini adalah mempelajari tes psikologi. Tidak perlu khawatir tentang cara pengerjaan karena pada saat sebelum mengerjakan tes, kalian akan diberikan instruksi sejelas mungkin untuk mengerjakannya.

Get notifications from this blog