Ilusi Poggendorff - Didiet X-Fuera

Ilusi Poggendorff

Pengertian Ilusi

Ilusi merupakan seperangkat informasi yang didapatkan dari alat-alat indera dan kemudian terinterpretasikan dengan salah.

Atkinson, Atkinson, dan Hilgrad (1987:216) mengungkapkan bahwa ilusi merupakan persepsi yang salah terhadap objek yang berbeda keadaannya dengan keadaan sebenarnya dengan bantuan dari instrumen pengkurannya.

Plotnik dan Kouyoumdjan (2011:132) memaparkan bahwa ilusi merupakan pengalaman perseptual saat melihat gambar aneh yang terdistorsi, tetapi ternyata tidak terjadi demikian. Sebuah ilusi dibuat dengan memanipulasi isyarat dari persepsi sehingga otak tidak dapat lagi menginterpretasi tempat, ukuran, dan isyarat yang dalam.

Westheimer (2008:2128) mengungkapkan bahwa ilusi merupakan sebuah kondisi saat persepsi yang terbentuk dari stimulus dengan maksud yang berbeda dengan yang sebenarnya.

Ilusi Poggendorff

Spehar dan Gillam (2002:306) memaparkan bahwa ilusi Poggendorff merupakan sebuah konfigurasi yang terdiri atas garis miring yang diganggu oleh sebuah area garis paralel vertikal atau garis paralel horizontal, keduanya saling terbagi. 

Chaplin (2009:373) mengungkapkan bahwa ilusi Poggendorff merupakan ilusi geometris yang di dalam ilusi Poggendorf terdapat satu garis lurus, seperti bergerigi atau terbelah saat memotong dua persegi panjang.

Predebon (Melmoth, dkk, 2009:3218) memaparkan bahwa ilusi Poggendorff merupakan sebuah ilusi perpotongan penjajaran garis yang kuat yang cukup berbeda dengan ilusi kekonstasan.

Get notifications from this blog